Kamis, 11 Oktober 2012

Lagi-Lagi PLS Minim Perhatian

Lagi-Lagi Pendidikan Luar Sekolah PLS minim Perhatian Saat ini pemahaman dan perhatian terkait Pendidikan Luar Sekolah (PLS) masih minim. Mengingat berbagai dukungan seperti halnya anggaran atau pelayanan PLS sendiri di berbagai lapisan dan juga di daerah belum dilaksanakan secara optimal.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Sumut yang diwakilkan Saut Aritonang dalam acara Dialog Interaktif “PLS Antara Harapan dan Kenyataan” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan PLS Unimed, di Auditorium Unimed, Kamis (10/5 Menurutnya jumlah dan mutu tenaga profesional pada institusi PLS juga terbatas.  ”Hal inilah yang mengakibatkan pengelolaan, pengembangan dan kelembagaan PLS terbatas. Sehingga partisipasi masyarakat dalam memprakarsai penyelenggaraan dan pelembagaan PLS relatif rendah,” katanya. Menurutnya PLS ini penting dibahas. Mengingat program PLS lebih mampu mengembangkan kehadiran pendidikan sepanjang hayat untuk mengkondisikan tumbuhnya kesadaran, minat dan semangat masyarakat.
Hal tersebut juga diungkapkan Ketua panitia, Braveto Situmorang. Menurutnya orientasi PLS ini sedikit banyaknya masih membuat masyarakat bertanya. “Sebenarnya jurusan PLS ini banyak orientasinya. Salah satunya seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tetapi, sebenarnya yang membuat seperti tidak berkembang karena kurangnya dukungan dari pemerintah sendiri. Kita sih berharap dengan adanya dialog seperti ini, pemerintah mau lebih memperkuat kedudukan PLS,” harapnya. Dialog interaktif itu diikuti ratusan mahasiswa Unimed dan non Unimed. Selain dialog interaktif, di depan Auditorium Unimed juga diadakan bazar daur ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan masikan komentar anda.